Crimping Kabel LAN

Posted: 1 Juni 2013 in Instalasi LAN, Jaringan, TKJ

Kali ini saya akan memposting cara crimping kabel LAN, disimak aja yee gan🙂

Berikut adalah langkah-langkah dalam mengcrimp kabel jaringan.   Kabel diurutkan dari sebelah kiri, gagang pengait konektor ada dibawah Standar 568 B memiliki kode warna kabel sebagai berikut :

  1. Putih oranye
  2. Oranye
  3. Putih hijau
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijua
  7. Putih coklat
  8. Coklat

Alat dan Bahan :

1. Kabel UTP

1

2. Konektor RJ-45

23. Tang Crimping

3

4. Cable Tester

4

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan semua peralatan terutama kabel UTP, konektor RJ-45, Crimping Tool.

2. Potonglah ujung kabel UTP sehingga rata, lalu kupas bagian luar kabel  pelindung kabel kira-kira sepanjang 2 cm dengan menggunakan pengupas kabel yang biasanya ada pada crimping tool (bagian yang seperti 2 buah silet saling berhadapan yang dapat untuk mengupas).

5

Nah ini adalah kabel yg sudah dikupas

6

3. Pisahkan dan kelompokkan empat pasang anak kabel yang ada.

7

4. Pisahkan dan kelompokkan empat pasang anak kabel yang ada. Susun kabel sesuai dengan susunan kabel straight. Tarik sedikit semua kabel yang telah dikupas sementara tangan yang satu lagi memegang bagian kabel yang tidak terkupas. Kemudian susun kembali dengan cara memelintir dan membuka lilitan pasangan kabel. Kedua konektor harus memiliki susunan warna yang sama (straight).

8

5. Potong ujung-ujung kabel yang tidak rata dengan pemotong kabel (bagian yang hanya memiliki satu buah pisau dan satu bagian lagi datar pada crimp tool adalah pemotong kabel) sampai rapi. Usahakan jarak antara pembungkus kabel sampai ujung kabel tidak lebih dari 1cm.

9

Nah ini adalah tampilan kabel yg sudah dipotong

10

6. Dengan tetap menekan perbatasan antara kabel yang terbungkus dan kabel yang tidak terbungkus, coba masukan kabel ke konektor RJ-45 sampai ujung-ujung kabel terlihat dibagian depan konektor RJ-45. Kalau masih belum coba terus ditekan sambil dipastikan posisi kabel tidak berubah.

11

7. Setelah yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik kekonektor RJ-45 selanjutnya masukan konektor RJ-45 tersebut ke crimp tool untuk dipres. Ketika konektor dalam kondisi di dalam crimp tool, pastikan kembali kabel sudah sepenuhnya menyentuh bagian RJ-45 dengan cara mendorong kabel ke dalam RJ-45. Pastikan juga bahwa bagian pembungkus kabel sebagian masuk ke dalam konektor RJ-45.

12

8. Lakukan langkah-langkah di atas untuk ujung kabel yang satunya lagi.

9. Apabila sudah yakin memasang kabel UTP ke RJ-45 dengan kuat selanjutnya adalah test dengan menggunakan Cable Tester untuk memeriksa fungsionalitas dan kualitas kabel yang telah dibuat.

kamal (1)

Semoga bermanfaat🙂

Sumber dari laporan PKL gue gan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s