Konfigurasi Routing Static 2 Router

Posted: 3 Juni 2013 in Instalasi LAN, Jaringan, TKJ

Oke gan kali ini saya akan membuat tutorial konfig routing static di CPT..

Ada yg belum tau CPT? CPT itu aplikasi untuk membuat simulasi jaringan internet gan.

Ayo lah jangan kelamaan basa basinya, langsung aja kita ke TEKAPE,

Cekidot gan😛

1. Langkah pertama buat 2 router seperti pada gambar

1

2. Abis itu, bikin 2 switch masing” 3 client lalu sambungkan dengan kabel straight

15

3. Nah kalo udah, sambungin router yg satu sama yg lain pake kabel fiber

16

4. Udah belum? kalo udah lanjut ke tahap berikutnya, yaitu mengatur IP di Router TKJ

Isi IP di “fastethernet1/0” sesuai yg kalian inginkan terus jangan lupa klik

17

Terus yang “fastethernet6/0” juga jangan lupa di isi yak hampir sama kok caranya tapi IP nya bedain oke?🙂

18

Nah kalo udah, isi juga “fastethernet4/0” yg buat nyambung ke router 1 nya lagi, dan jangan lupa di ceklis on nya

19

5. Selanjutnya, lakuin hal yang serupa di router RPL caranya sama kaya tadi yak hehe

20

21

22

6. Kalo udah, tinggal atur IP di PC client masing” deh, mau tau caranya? liat gambar aja yak😛

Ini buat PC client TKJ karna IP nya 172.16.1.2 yg udah saya atur di router TKJ tadi, lakuin juga sama 2 client berikutnya, IP nya juga tinggal diurutin aja gan😀

11

Nah kalo ini buat PC client RPL karna IP yg udah saya atur tadi di router RPL, lakuin juga sama 2 client yg lainnya

12

7. Tahap selanjutnya, kita atur static router di tiap” router nya, kenapa harus diatur? ya kalo ga diatur ga bakal bisa nyambung lah antara PC client TKJ sama PC client RPL😛

Yang pertama kita atur dulu di router TKJ, klik static terus tinggal atur aja deh IP nya, gampang kan?

23

Terus lakuin juga di router RPL ya tinggal klik static, terus atur deh IP nya

24

8. Udah belom ngaturnya? kalo udah saatnya pengujian deh. Klik PC > klik command prompt. NB : yang ditandain merah itu hasil ping-annya ya

PC client TKJ tinggal ping ke PC client RPL deh😀

25

Dan juga PC client RPL tinggal ping ke PC client TKJ🙂

26

Nah gimana? mudah bukan buat nya? jangan diliatin doang dong, ayo lah dicoba praktekin😛

Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat🙂

Komentar
  1. raflieka mengatakan:

    nice post gan sangat bermanfaat wkwkwk….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s