Manajemen Hardisk

Posted: 26 Juni 2013 in Linux, SOJ, TKJ

Malam semua😀

Yak kali ini saya akan memposting cara mensetting partisi hardisk di Ubuntu Server.

Mau tau gimana caranya? Yuk mareeh kita liat tutorial berikut🙂

Cekidot gan😀

1. Langkah pertama install ubuntu servernya. Pada saat setinggan Partition disk kita pilih “manual”

tkjb (10)

2. Lalu pilihlah pilihan yang telah ditandai warna hitam dan enter

tkjb (11)

3. Lalu pilihlah pilihan yang telah ditandai warna hitam dan enter

tkjb (12)

4. Lalu tekan enter pada “free space”. Partisi pertama yaitu untuk “swap” terlebih dahulu.

tkjb (13)

5. Pilih “create a new partition”

tkjb (14)

6. Dan atur kapasitas hardisk yg akan dipartisi. Pada saat partisi untuk “swap” pastikan kapasitasnya dua kali lipat atau boleh lebih dari memory RAM.

tkjb (15)

7. Kemudian pilih “primary”

tkjb (16)

8. Pilih beginning dan tekan enter

tkjb (17)

9. Pada partisi pertama kita buat untuk swap. Tekan enter pada “Ext4 ….” dan pilih “swap area”

Nah pilihlah swap area

tkjb (19)

10. Karena saya akan membuat 3 partisi maka kita akan mensettingnya lagi satu persatu. Tekan enter pada tampilan tersebut. Pada partisi kedua yaitu di / (root).

tkjb (1)

11. Pilih “create a new partition”

tkjb (14)

12. Dan atur kapasitas hardisk yg akan dipartisi

tkjb (15)

13. Dan pilih “primary”

tkjb (16)

14. Pilih beginning dan tekan enter

tkjb (17)

15. Pada partisi kedua tentukan “mount point” nya berada di / (root). Dan tekan enter

tkjb (2)

16. Pada partisi ketiga yaitu di /home dan pada tampilan “type for the new partition” kita pilih “logical”. Pada tampilan ini tekan enter saja pada “free space”

tkjb (3)

17. Pilih “create new partition”

tkjb (14)

18. Dan atur kapasitas hardisk yg akan dipartisi

tkjb (15)

19. Nah pada tampilan ini kita pilih logical.

tkjb (5)

20. Pilih beginning dan tekan enter

tkjb (17)

21. Pada partisi ketiga kita tentukan “mount point” nya berada di /home. Dan tekan enter

tkjb (4)

22. Jika sudah pilih “finish partitioning ……” dan tekan enter

tkjb (6)

23. Kemudian pilih yes untuk memulai pastisi hardisk

24. Jika sudah, sekarang kita cek dengan menggunakan perintah tersebut

tkjb (8)

Dan ini adalah tampilannya, yang ditandai merah itu adalah partisi yang telah kita buat tadi.

tkjb (9)

Semoga bermanfaat🙂

Kalo ada gambar yg kurang jelas, diklik aja gan hehe😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s