Konfigurasi RouterOS Mikrotik dengan VirtualBox

Posted: 29 Mei 2013 in Instalasi LAN, Jaringan, TKJ

Mikrotik Router OS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal,mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless.

Fitur-fitur tersebut diantaranya : Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya.
Mikrotik dapat digunakan dalam 2 tipe, yaitu dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam bentuk perangkat keras, Mikrotik biasanya sudah diinstalasi pada suatu board tertentu, sedangkan dalam bentuk perangkat lunak, Mikrotik merupakan satu distro Linux yang memang dikhususkan untuk fungsi router.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Sebelum diinstall, terlebih dahulu kita mensetting networknya. Dan buatlah 2 ethernet, adapter pertama adalah “bridge adapter” sedangkan adapter kedua adalah “internal network”. Kemudian lakukan proses penginstallan.

2. Jika sudah, sekarang kita install MikroTik OS dengan mengikuti langkah langkah penginstalan. Pada tampilan ini ketikkan “a” setelah itu “i”.

a

3. Disaat penginstalan, terdapat perintah “reboot”. Sebelum reboot, kita masuk ke “Devices” lalu kita pilih “CD/DVD Devices” dan kita hilangkan tanda ceklist di “iso mikrotik”. Setelah itu tekan enter.

c

4. Jika sudah selesai kita akan diminta untuk login

e

5. Jika sudah login, maka kita akan masuk ke tampilan OS mikrotik

f

6. Setelah itu kita masukkan IP pada tiap” ethernet

1

7. Jika sudah, cek dengan memasukan perintah “ip address pr”

 2

8. Kemudian tambahkan IP gateway

3

9. Lalu tambahkan DNS

4

10. Dan tambahkan “nat masquerade” dengan cara seperti pada gambar

5

11. Setelah itu coba ping ke ether1 dan ether2, dan google.com. Jika bisa maka proses penginstallan sudah sesesai.

6

Untitled5

Untitled1

Semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya 🙂

Kalo ga jelas gambarnya, tinggal di klik aja gan 😀

Tinggalkan komentar